PERANCANGAN SISTEM

Posted: May 3, 2011 in Sistem Informasi

n  Setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan gambaran dengan jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya sekarang bagi analis sistem untuk memikirkan bagaimana membentuk system tersebut. Tahap ini disebut dengan perancangan sistem .

A. Perancangan sistem dapat dibagi dalam dua bagian yaitu :

    1.  Perancangan   sistem sec.umum / perancangan   konseptual
    2. Perancangan sistem terinci / perancangan sistem secara phisik.B. Perancangan sistem dapat diartikan sebagai berikut ini :
        1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem
        2. Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional
        3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi
        4. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk
        5. Yang dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesalahan yang utuh dan berfungsi
        6. Termasuk  menyangkut  mengkonfigurasikan  dari  komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu system

      C. Tahap perancangan sistem mempunyai 2 tujuan utama yaitu :

        1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem
        2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat.

      D.        Perancangan sistem secara umum

      ¨  Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum  kepada  user  tentang  sistem  yang  baru.  Desain  system  secara  umum merupakan   persiapan   dari   desain   secara   terinci.   Desain   secara   umum mengidentifikasikan  komponen-komponen  sistim  informasi  yang  akan  didesain secara  rinci.  Desain  terinci  dimaksudkan  untuk  pemrogram  computer  dan  ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem. Tahap desain sistem secara umum dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilakukan dan hasil analisis disetujui oleh manajemen.

      ¨  Pada tahap desain secara umum, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan  tujuan  untuk  dikomunikasi  kepada  user  bukan  untuk  pemrogram. Komponen sistem informasi yang didesain adalah model, output, input, database, teknologi dan kontrol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s