PENGENALAN DASAR ALGORITMA

Posted: June 4, 2011 in Bahasa C++

PENDAHULUAN

Komputer sudah terlanjur dijuluki sebagai mesin yang pintar dapat melakukan apa saja yang diperitahkan oleh manusia, dapat menerima siaran dari TV, FM, Internet sehingga kita tidak ketinggalan informasi melalui media elektronik.

Anggapan diatas tidak selalu benar, computer memang sebagai alat Bantu manusia dalam menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi manusia, yang menjadi permasalahannya adalah computer tidak dapat langsung melaksanakan dan menyelesaikan permasalahan yang diserahkan untuk dikerjakan. Orang harus merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam urutan suatu instruksi yang dapat dimengerti oleh computer, yang nantinya urutan intruksi tersebut akan dikerjakan oleh computer secara cepat dan dapat diulang-ulang tanpa mengenal lelah dan bosan.

Kumpulan dari intruksi – intruksi tersebut ditulis dalam suatu bahasa computer tertentu yang dikenal oleh computer disebut dengan PROGRAM.

Agar program tersebut dapat dimengerti oleh computer maka program tersebut harus ditulis dengan bahasa computer yang hanya dimengerti oleh computer.

Sampai saat ini bahasa computer yang dikenal banyak sekali jumlahnya, seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, bahasa computer dapat digolongkan menjadi bahasa computer, yaitu :

  1. Bahasa tingkat rendah (low Level Language), merupakan bahasa pemrograman yang sulit dimengerti oleh manusia karena ditulis dalam bahasa mesin.
  1. Bahasa tingkat tinggi (high Level Language), merupakan bahasa pemrograman yang mudah dimengerti oleh manusia, karena perintah yang digunakan menggunakan bahasa komunikasi manusia seperti diambil dari kata-kata dalam bahasa inggris.

Dengan berkembangnya bahasa terstruktur, orang tidak lagi memecahkan masalah langsung menulis programnya. Orang sudah mulai berpikir bagaimana caranya suatu permasalahan dapat diselesaikan untuk dibuatkan programnya dengan menekankan pada rancangan yang mewakili masalah tersebut.

Penyajian rancangan tersebut merupakan pola pikir dari program yang akan ditulis pada computer yang berisi notasi – notasi deskriptif dan urutan rancangan tersebut merupakan alur proses dari permasalahan yang akan dibuat programnya.

Urutan langkah – langkah proses yang ditulis secara sistematika untuk menyelesaikan masalah disebut dengan ALGORITMA.

Notasi algoritma bukan merupakan suatu notasi bahasa pemrograman tetapi suatu notasi yang ditulis dalam bahasa manusia kemudian diterjemahkan algoritma tersebut dalam salah satu bahasa pemrograman yang dipilh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s